Sunday, December 17, 2017

Susi Ikut Pusing Pikirkan Posisi Manusia Terancam Robot


Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sangat meresapi pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam beberapa waktu terakhir tentang perubahan dunia. Khususnya terkait dengan perkembangan teknologi yang bisa menggantikan posisi manusia dalam bekerja.

"Teknologi akan banyak menggantikan pekerjaan kita sebagai tenaga-tenaga profesional," ungkap Susi dalam acara Akhir Tahun KKP, di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).

Susi menyampaikan, para ahli di banyak negara sibuk berlomba menciptakan inovasi teknologi canggih untuk menggantikan manusia. Ini sebenarnya sudah terlihat sekarang di beberapa sektor, seperti perbankan. Ke depan diyakini akan terus berkembang.

"Kadang saya meledek, sekarang insinyur berdiskusi bagaimana membuat robot ini punya perasaan, lebih punya sensor. Nanti suatu hari robot sangat pandai berdiskusi tentang apa yang harus dilakukan dengan manusia-manusia disekeliling kita, kata robot-robot tadi," paparnya.


Maka dari itu, langkah antisipasi harus dipersiapkan walaupun sudah sedikit terlambat. Indonesia, merupakan negara dengan demografi penduduk yang besar. Bila tidak dibekali pendidikan dan keahlian, maka akan terlindas dengan teknologi. Pemerintah, kata Susi memiliki andil besar dalam hal tersebut.

"Saya khawatir kalau kita tidak dipersiapkan nanti banyak pengangguran populasi Indonesia terus tumbuh dan pekerjaan makin berkurang," jelas Susi.

Susi memandang, bahwa laut adalah salah satu solusi dalam menangani persoalan ini. "Salah satunya yang masih kita harapkan adalah laut menjadi salah satu lapangan kerja baru bagi Indonesia," tegasnya.


No comments:

Post a Comment