Friday, December 15, 2017

Menpora Optimistis Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia


Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yakin, Indonesia bisa lebih banyak menggelar turnamen atau multievent olahraga dalam skala yang lebih besar lagi ke depan. Optimisme itu dilontarkan Imam Nahrawi setelah Indonesia bakal menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan Kejuaraan Dunia Basket 2023.

Menpora berharap, Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola dan Olimpiade. Imam Nahrawi juga merasa bangga dan mengucapkan selamat atas terpilihnya Indonesia menjadi salah satu tuan tuan rumah Kejuaraan Dunia Basket 2023 mendatang.

Menurut Imam, menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Basket 2023 adalah kepercayaan yang tidak boleh disia-siakan. Untuk menggelar turnamen besar itu, Indonesia didampingi Filipina dan Jepang.


"Tidak mudah menjadi tuan rumah. Karena tidak mudah, maka Pak Erick Thohir (Presiden SEABA) kemudian Perbasi harus segera duduk menyiapkan itu semua. Karena tak hanya jadi tuan rumah yang baik, tapi juga harus menyiapkan atlet yang bisa diandalkan dan infrastruktur yang memadai," kata Imam kepada wartawan.

Imam menambahkan, harapan publik internasional kepada Indonesia untuk Kejuaraan Dunia Basket 2023 mendatang harus dijaga. Dengan begitu, peluang Indonesia menggelar kejuaraan-kejuaraan dunia lainnya tetap terbuka.

Hanya, infrastruktur, panitia, sumber daya manusia, hingga atlet yang akan diterjunkan perlu persiapan yang baik juga. Tidak dibantah, aspek-aspek tersebut kerap menjadi sorotan bagi Indonesia jelang menggelar kegiatan olahraga level internasional.
Menpora juga mengharapkan peran Erick Thohir dalam penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Basket 2023 mendatang.

"Tidak hanya basket, suatu saat nanti mungkin Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola dan Olimpiade. Karenanya, optimisme ini harus dibangun bahwa Indonesia memang layak," Imam menambahkan.

Sayangnya, Imam tidak memberikan perkiraan waktu tentang kemungkinan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola dan Olimpiade.

Sebelumnya, Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) memastikan Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Basket 2023 melalui akun Twitter mereka pada Sabtu (9/12). Untuk kali pertama dalam sejarah, Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang bola basket level dunia itu.


No comments:

Post a Comment