Tuesday, December 12, 2017

Anies soal Banjir Jakarta: Kami Disumpah untuk Melayani Warga


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan agar setiap aparat Pemprov DKI memikul tanggung jawab untuk melayani warga, termasuk untuk mengatasi banjir yang melanda ibu kota.

"Kami berseragam ini sudah disumpah untuk melayani warga dan menjalankan amanat negara. Sehingga kita harus lebih cepat dalam merespons setiap masalah yang ada pada warga,” ujar Anies di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (12/12).

Anies meminta agar aparat Pemprov lebih responsif terhadap segala bentuk laporan warga, tentang banjir. Anies mengaku dalam sistem pemerintahan yang saat ini sedang dipimpinnya kerja cepat dan tanggap perlu dilakukan, agar warga Jakarta bisa terlayani dengan baik.


"Kami ingin bangun pemerintahan yang responsif. Maka saya minta aparat pemprov ini lebih tanggap, termasuk soal banjir,” kata Anies.

Berkaitan dengan potensi banjir yang terjadi di beberapa kawasan di Jakarta, Anies berpesan agar seluruh pegawai DKI Jakarta dan warga mengantisipasi bencana.

"Perlu diingat untuk semua tiga pesan yakni Siaga, Tanggap dan Galang agar antisipasi bencana bisa berjalan dengan baik," katanya.

Sementara, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mulai memikirkan untuk membuat sumur resapan di Jakarta, untuk mengantisipasi terjadinya banjir besar di beberapa titik Ibu kota.

Sandi mengaku telah berkonsultasi dengan para akademisi guna menyiapkan sumur resapan tersebut. Tak hanya itu, Sandi bahkan mengaku akan melibatkan pemilik-pemilik gedung untuk membantu pembangunan sumur resapan tersebut.

"Sumur resapan. Jadi, harus ada sumur-sumur yang besar sekali, sekitar 30 sentimeter diameternya. Itu saya lagi minta teman-teman dari akademisi dari ITB sama UI mulai bangun sebuah gerakan," kata Sandi.

Dia mengaku telah memulai proyek percontohan terkait sumur resapan.

"Percontohannya udah ada, lagi dibangun itu di Cipete," kata Sandi.

Sandi tak memungkiri, untuk membangun sumur tersebut memang dibutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak karena untuk membangun sumur tersebut memang membutuhkan dana yang bisa dibilang tidak sedikit.


No comments:

Post a Comment